RPP KIMIA SMK XI/1

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /1

Pertemuan ke-              : 1,2

Alokasi waktu              : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia

Kompetensi Dasar        : 19.1 Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia

Indikator                      :

  1. Pengertian persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda ditinjau kembali dengan benar.
  2. Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  3. Ciri-ciri reaksi asam basa dicirikan sebagai proses perpindahan proton dideskripsikan dengan benar.
  4. Ciri-ciri reaksi reduksi-oksidasi sebagai perpindahan elektron dideskripsikan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat mengerti tentang persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda.
  2. Siswa dapat mengelompokan reaksi kimia ke dalam reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi.
  3. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri reaksi asam basa sebagai perpindahan proton
  4. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri  reaksi reduksi dan oksidasi sebagai perpindahan elektron.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

  1. Reaksi Kima

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Mendiskusikan persamaan reaksi kimia dan latihan penyetaraan reaksi kimia dengan contoh-contoh.

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Mengidentifikasi suatu reaksi melaui soal-soal sehingga dapat di bedakan reaksi asam basa dan atau reaksi oksidasi reduksi
  • Mengidentifikasi dengan benar ciri-ciri reaksi asam-basa dan reaksi oksidasi dan reduksi

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1)     Setarakan persamaan reaksi berikut ini

a. Na(s) + O2(g) → Na2O(g)

b. Besi dengan asam klorida membentuk besi (II) klorida dan gas hydrogen.

c. Logam almunium dengan asam sulfat membentuk larutan almunium sulfat

dan gas hidrogen

2)            Apa yang anda ketahui tetang reaksi asam-basa dan berikan contoh?

3)            Apa yang anda ketahui tentang reaksi Reduksi dan Oksidasi dan berikan contohnya

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /1

Pertemuan ke-              : 1,2,3

Alokasi waktu              : 6 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia

Kompetensi Dasar        : 19.2 Membedakan konsep oksidasi, reduksi, dan reaksi lainnya

Indikator                      :

  1. Pengertian bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elektron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami   penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  5. Penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dilakukan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat mengerti tentang bilangan oksidasi
  2. Siswa dapat memahai konsep oksidasi dan reduksi sebagai pengggabunagn atau pelepasan dan penerimaan elektron.
  3. Siswa dapat memahami konsep reaksi Redoks sebagai peningkatan dan penurunan Bilangan oksidasi
  4. Siswa mengerti pengertian reduktor
  5. Siswa mengerti pengertian Oksidator

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

  1. Reduksi dan Oksidasi

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan konsep Bilangan Oksidasi dengan benar
  • Menjelaskan reaksi Redoks sebagai pengikatan Oksigen dan pelepasan oksigen dengan memberikan contoh-contoh

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan reaksi redoks sebagai perpindan elektron dengan memberikan contoh-contoh

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan ketiga

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan konsep reaksi redoks sebagai peningkatan atau penurunan bilangan oksidasi dengan contoh-contoh
  • Melatih siswa untuk memnyebutkan reduktor, oksidator, hasil oksidasi, hasil reduksi dalam seatu reaksi redoks

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

Pilihan ganda                :

1)     Senyawa nitrogen yang memiliki bilangan oksidasi terbesar terdapat pada…

  1. NO                                       d. N2O4
  2. N2O                                      e. N2O5
  3. N203

2)     Reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi suatu unsur adalah…

  1. Oksidator                              d. Pereduksi
  2. Pengoksidasi             e. Peluruh
  3. Pengotor

Uraian              :

  1. Jelaskan pengertian reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan konsep perpindahan oksigen, perpindahan elektron dan perubahan bilangan oksidasi!
  2. Tentukan bilangan oksidasi mangan pada senyawa berikut
    1. MnO2
    2. KmnO4
    3. Mn203
    4. Setarakan reaksi-reaksi berikut dan tetukan oksidator dan reduktor!

a. Fe2O3(s) + S(s)→ Fe(s) + SO2(g)

b. Cu2O(s) + CO(s) →Cu(s) + CO2(g)

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /1

Pertemuan ke-              : 1,2

Alokasi waktu              : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami konsep larutan elektrolit dan elektrokimia

Kompetensi Dasar        : 20.1 Membedakan larutan Elektrolit dan Non elektrolit

Indikator                      :

  1. Pengertian larutan sebagai campuran dari dua atau lebih zat yang homogen dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengertian Larutan biner sebagai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut dideskripsikan dengan benar.
  3. Perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya diamati dengan benar.
  4. Ciri-ciri hantaran listrik dalam berbagai larutan disimpulkan berdasarkan hasil percobaan.
  5. Kemampuan larutan menghantarkan arus listrik berdasarkan banyaknya ion yang terbentuk dalam larutan dideskripsikan dengan benar.
  6. Penyebab adanya ion-ion dalam larutan akibat ikatan ion atau kovalen polar dideskripsikan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat mengerti apa yang dimasud dengan larutan yang merupakan campuran dari beberapa zat yang homogen.
  2. Siswa mengerti apa yang dimasud dengan larutan biner
  3. Siswa dapat membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Reduksi dan Oksidasi

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Memperoleh pemahaman dari berdiskusi masalah apa yang dimaksud dengan larutan setelah terlebih dahulu studi pustaka.
  • Memahami sepenuhnya bahwa larutan biner adalah larutan yang terdiri dari dua zat melalui contoh-contoh

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Mengidetifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan percobaan sederhana.

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

  1. Apa yang dimasuk dengan larutan? Bagaimana larutan dapat dikatakan larutan biner?
  2. Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit dan larutan non elektrolit?

Berikan contohnya?

  1. Bagaimana ciri-ciri larutan dikatakan sebagai larutan elektrolit lemah?
  2. Bagaiman ciri-ciri larutan dapat dikatakan sebagai larutan elektrolit kuat?

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /1

Pertemuan ke-              : 1,2,3

Alokasi waktu              : 6 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami konsep larutan elektrolit dan elektrokimia

Kompetensi Dasar        : 20.3 Menggunakan Satuan Konsentrasi dalam membuat larutan

Indikator                      :

  1. Pengertian konsentrasi sebagai daya larut atau kemampuan melarut suatu zat dalam suatu pelarut dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengertian larutan jenuh/tidak jenuh dideskripsikan dengan benar.
  3. Satuan konsentrasi larutan sebagai perbandingan jumlah mol, massa atau volume zat terlarut terhadap jumlah massa atau volume larutan yang dinyatakan dalam prosen (%m/m, %m/v, %v/v), ppm (miligram atau mililiter zat terlarut terhadap 1 kg atau iL larutan), M (mol/L larutan), m (∑mol/1kg pelarut), X(∑mol komponen/∑mol kompoten total) dideskripsikan dengan benar.
  4. Pembuatan larutan sesuai satuan konsentrasi yang diinginkan dilakukan dengan baik.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat memahami bagaimana suatu zat melarut dalam suatu pelarut
  2. Siswa dapat memahami apa yang di maksud dengan larutan jenuh dan tak jenuh serta lewat jenuh.
  3. Siswa dapat memahami pengertian konsentasi dan dapat mengetahaui berbagai macam satuan konsentrasi yang di gunakan serta dapat membuat larutan dengan konsentrasi tertentu.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Konsentrasi dan Satuan Konsentrasi

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Mengamati demonstrasi tentang kemampuan suatu zat melarutkan.
  • Diskusi dan informasi tentang larutan, larutan jenuh, larutan tak jenuh dan larutan lewat jenuh

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Diskusi dan informasi tentang berbagai satuan konsentrasi yang digunakan

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan ketiga

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Latihan menghitung dan mengubah satuan konsentrasi
  • Membuat laturan dengan konsentrasi tertentu

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1. Hitunglah molarilat dari larutan berikut ini :

a) 200 ml larutan mengandung 0,05 mol HCl

b) 4 gram  NaOH dalam 500 ml larutan (Mr.NaOH=40)

2. Tentukan molalitas dari 2,4 gram CH3COOH(Mr=60) dalam 200 gram pelarut!

3. Pada botol asam klorida tertulis = massa jenis 1,18 gram/cm3, w/v= 35 % Mr

HCl= 36,5 Hitunglah molaritas larutan

4. Berapakah massa gram (NaCl) yang harus di larutkan ke dalam 500 ml air jika

ingin memperoleh larutan garam dengan konsentrasi 1M?

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /1

Pertemuan ke-              : 1,2,3

Alokasi waktu              : 6 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami konsep larutan elektrolit dan elektrokimia

Kompetensi Dasar        : 20.4 Menerapkan konsep reaksi redoks dalam elektrokimia

Indikator                      :

  1. Terjadinya proses elektrokimia karena adanya energi yang dihasilkan pada reaksi spontan dijelaskan dengan benar.
  2. Pengertian sel elektrokimia sebagai perangkat alat percobaan untuk membangkitkan listrik melalui reaksi redoks yang spontan dideskripsikan dengan benar.
  3. Komposisi sel elektrokimia sebagai dua sel setengah reaksi yang disebut sel oksidasi dan sel reduksi yang masing-masing terdiri atas larutan elektrolit dan elektrodanya, dan dihubungkan oleh jembatan garam dideskripsikan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat memahami bagaimana terjadinya proses elektrokimia
  2. Siswa dapat memahami bahwa sel elektrokimia dapat digunakan sebagai membangkitkan listrik
  3. Siswa dapat memahami komposisi sel elektokimia sebagai dua sel setengah reaksi yang disebut sel oksidasi dan sel reduksi yang masing-masing terdiri dari larutan elektrolit, elektroda serta dihubungkan oleh jembatan garam.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Reaksi redoks dan elektrokimia

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi
  3. Percobaan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Mengamati demonstrasi elektrokimia yakni sel volta serta dapat memahami reaksi redoks yang terjadio.

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Latihan penghitungan potensial sel serta penulisan notasi sel

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan ketiga

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Memahami melalui studi literatur tentang sel Elektrolisis dan hukum faraday

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : pilihan ganda, tes isian dan tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1. Jelaskan bagaimana proses terjadinya reaksi oksidasi dan reduksi pada selvolta?

2. Jika arus sebesar 10 amper dialirkan selama 10 menit ke dalam larutan CuSO4

maka hitunglah masa Cu yang di endapkan di katoda!

3. Bagaiman cara menjegah korosi yang terjadi pada besi serta bagaimanana proses

korosi itu bisa terjadi

 

About these ads

10 thoughts on “RPP KIMIA SMK XI/1

  1. ASS….
    Alhamdulillah cdh aq pelajari……….
    pak yang mana aja yang keluar untuk semester nanti……
    Maen dong pak ke warnet kami di NNC KOMPUTER/WARNET AL-HUDA……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s