RPP KIMIA SMK XI/2

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /2

Pertemuan ke-              : 1,2,3,4

Alokasi waktu              : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami Konsep Kesetimbangan Reaksi

Kompetensi Dasar        : 21.1 Menguasai Reaksi kesetimbangan

21.2 Menguasai Faktor-fator Pergeseran kesetimbangan

Indikator                      :

  1. Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dijelaskan dengan benar.
  2. Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dideskripsikan dengan benar.
  3. Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan dideskripsikan dengan benar.
  5. Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan dijelaskan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat menguasai konsep reaksi kesetimbangan
  2. Siswa dapat mengiasai faktor-faktor yang mempengaruhi  pergeseran  kesetimbangan
  3. Siswa dapat Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan
  4. Siswa dapat memahami bahwa terjadinya pergeseran kesetimbangan disebabkan adanya aksi pada reaksi kesetimbangan sesuai dengan asas Le Chatelier
  5. Siswa dapat memahami bahwa  perubahan temperatur dapat mempengaruhi tetatap kesetimbangan

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

  1. Kesetimbangan Reaksi
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan tentang konsep reaksi kesetimbangan dinamis serta berdiskusi informasi untuk memperkuat pemahaman

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan tentang konsep kesetimbangan Homogen dan Heterogen serta berdiskusi informasi untuk memperkuat pemahaman

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan ketiga

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan tentang asas Le Chatelier

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan keempat

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan tentang pengaruh suhu terhadap tetatap kesetimbang reaksi

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1)            Jelaskan perbedaan antara reaksi searah dan reaksi bolak-balik. Tuliskan contohnya ?

2)            Jelaskan mengapa cepat lambatnya suatu reaksi mencapai kesetimbangan bergantung pada laju reaksi?

3)            Jelaskan kapan suatu reaksi bolak-balik mencapai suatu kesetimbangan?

4)            Tentukan apakah kesetimbangan berikut tergolong kesetimbangan homogen atau heterogen ?

a. 4 NH3(g) + 5O2(g ) →4 NO(g) +  6H2O (g)

b. 4 Fe(s) + 4 H2O(g )→ Fe3O4(g) +  4H2O (g)

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /2

Pertemuan ke-              : 1,2,3,4

Alokasi waktu              : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami Konsep Kesetimbangan Reaksi

Kompetensi Dasar        : 21.3 Menentukan hubungan   kuantitatif antara pereaksi dan hasil   reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan

Indikator                      :

  1. Pengetian tetapan kesetimbangan (Kc) sebagai perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan yang memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu (Hukum Aksi Massa) dideskripsikan dengan benar.
  2. Konversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan) dideskripsikan dengan benar.
  4. Perhitungan konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya dilakukan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat menghitung tetatap kesetimbangan dari suatu reaksi.
  2. Siswa dapat menghitung tetapan kesetimbangan  pada tekanan parsial.
  3. Siswa dapat memahami kesetimbangan homogen dan heterogen berdasarkan fase dari reaktan dan produk.
  4. Siswa dapat menghitung konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangan.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Tetapan Kesetimbangan (Kc dan Kp)

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan konsep tetapan kesetimbangan

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Menjelaskan tentang konsep tetatap kesetimbangan pada tekanan parsial (Kp)

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan ketiga

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Diskusi Informasi tentang konsep kesetimbangan heterogen dan homogen

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan keempat

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Latihan meghitung konsentrasi reaktan dan produk dalam reaksi kesetimbangan.

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1)            Jelaskan perbedaan tetapan kesetimbangan homogen dan heterogen dan beri contoh masing-masing

2)            Tulislah tetapan kesetimbangan tekanan (Kp) untuk reaksi berikut

a. 3 Fe(s) + 4H2O(g)   → Fe3O4(s) + 4H2 (g)

b.  Na2CO3(s) + SO2(g) + O2 (g)   → Na2SO4 (s) + CO2(g)

3)      Pada penguraian uap air memilik Kc = 1,1 x 10-81 pada 25 oC. Jealaskan apa

yang dimaksud ungkapan Kc tersebut

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /2

Pertemuan ke-              : 1,2

Alokasi waktu              : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia

Kompetensi Dasar        : 22.1 Menjelaskan entalpi dan perubahan entalpi

Indikator                      :

  1. Pengetian sistem dan lingkungan didefinisikan dengan benar.
  2. Pengelompokan sistem ke dalam sistem tertutup, sistem terbuka dan sistem terisolasi dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengelompokan reaksi kimia dikelompokkan menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang dihasilkannya dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari sistem pada tekanan tetap dideskripsikan dengan benar.
  5. Pengertian perubahan entalpi (DH) dideskripsikan dengan benar

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat memahami pengertian sistem, lingkungan dan alam semesta
  2. Siswa dapat memahami dengan mengelompokan ke dalam sistem tertutup, terbuka dan sistem terisolasi.
  3. Siswa dapat mengelompokan reaksi kimia ke dalam reaksi eksoterm dan endoterm.
  4. Siswa dapat memahami pengertian entalpi sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari sistem  pada tekanan tetap.
  5. Siswa dapat memahami pengertian perubahan entalpi

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Termokimia (Entalpi dan Perubahannya)

III. Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah
  2. Diskusi Informasi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Diskusi Informasi tentang pengertian sistem, lingkungan, dann alam semesta
  • Diskusi informasi dan identifikasi tentang sistem tertutup, terbuka dan sistem terisolir

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Diskusi Informasi tentang reaksi eksoterm, endoterm, pengertian entalpi dan perubahan entalpi

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

1)            Jelaskan apa yang dimasud dengan entalpi pembentukan, penguraian, dan pembakaran serta berikan contoh persamaan termokimianya

2)            Diketahui entalpi reaksi pembentukan standar (DHof) H20(l) adalah – 285,85 kj mol-1 .berapakah kalor yang diperlukan untuk menguraikan 10 gram air menjadi hidrogen dan oksigen pada keadaan standar

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /2

Pertemuan ke-              : 1,2

Alokasi waktu              : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia

Kompetensi Dasar        : 22.2 Menentukan perubahan entalpi reaksi

Indikator                      :

  1. Perubahan entalpi reaksi yang dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan dideskripsikan dengan benar.
  2. Besarnya perubahan entalpi reaksi melalui percobaan dilakukan dengan baik.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat menentukan entalpi reaksi nertalisasi melalui percobaan.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Termokimia (Entalpi dan Perubahannya)

III. Metode Pembelajaran:

  1. Percobaan
  2. Ceramah

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Percobaan menenentukan entalpi reaksi netralisasi
  • Membuat laporan hasil penelitian secara kelompok

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Review melalaui diskusi informasi masalah entalpi reaksi netralisasi

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

  1. Berapakah perubahan entalpi pada reaksi

CH4(g) +2O2(g)  → CO2 (g) + 2H2O(g)

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI /2

Pertemuan ke-              : 1,2

Alokasi waktu              : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi     : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia

Kompetensi Dasar        : 22.3 Menentukan kalor pembakaran berbagai bahan bakar

Indikator                      :

  1. Pengetian kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan bakar dibakar dideskripsikan dengan benar.
  2. Kalor pembakaran berbagai bahan bakar melalui percobaan dilakukan dengan benar.

I.    Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bagian ini,

  1. Siswa dapat mengerti tentang kalor pembakaran.
  2. Siswa dapat memahami melalui percobaan komposisi dan nilai kalor pembakaran berbagai jenis zat.

II.  Materi Ajar (Materi Pokok):

Termokimia (Entalpi dan Perubahannya)

III. Metode Pembelajaran:

  1. Percobaan
  2. Ceramah

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan pertama

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Diskusi Informasi tentang pengertian kalor pembakaran

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

Pertemuan kedua

a.   Kegiatan awal : Apresepsi dan Motivasi

b.   Kegiatan inti

  • Percobaan kalor pembakaran beberapa jenis zat
  • Membuat laporan hasil percobaan.

c.   Kegiatan penutup         : Memberi kuis untuk mengecek ketercapaian kompetensi

V.   Alat dan Sumber Belajar:

a.   Buku Kimia SMK

VI. Penilaian:

a.    Teknik                         : tes tulis

b.   Bentuk instrumen          : tes uraian

c.    Soal/instrumen              :

  1. Jelaskan yang di maksud gasifikasi batubara, LPG, dan merkaptan?
  2. Tuliskan contoh dari bahan bakar sintetis?
  3. Tuliskan reaksi pembakaran sempurna dan pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar fosil?
  4. Tuliskan kerugian penggunaan bahan bakar dalam industri dan kendaraan bermotor?

 

About these ads

15 thoughts on “RPP KIMIA SMK XI/2

  1. Aslm….

    Pertama, saya mohon maaf apabilla postingan saya menggangu… saya hanya ingin memberikan satu referensi tentang Perguruan Tinggi dibidang Kefarmasian yang ada di Kota Malang.

    Putra Indonesi Malang (PI-M) adalah sebuah institusi pendidikan dengan D3 AKFAR (Akademi Farmasi) dan D3 AKAFARMA (Akademi Analis Farmasi & Makanan) yang mencetak tenaga profesional dibidang Kefarmasian.

    Berikut adalah Brosur D3 AKFAR dan D3 AKAFARMA silahkan klik link berikut :
    Brosur Bagian Depan
    Brosur Bagian Belakang

    Informasi lebih lengkap :http://www.putraindonesiamalang.or.id
    Telp. 0341 491132

  2. makasih banyak ya, rpp nya sangat bermanfaat untuk saya dan insyaallah anak-anak saya di smk,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s